Senin, 22 Oktober 2012


Aksi Heroik Ibrahimovic

Auzan Julikar Sutedjo - Okezone
Kamis, 18 Oktober 2012 13:36 wib
Zlatan Ibrahimovic akan dikenang sebagai salah satu aksi comeback paling spektakuler sepanjang sejarah/Reuters
Zlatan Ibrahimovic akan dikenang sebagai salah satu aksi comeback paling spektakuler sepanjang sejarah/Reuters
Comeback hebat Swedia atau bunuh diri spektakuler Jerman? Yang jelas, hasil imbang 4-4 antara tuan rumah Der Panzer versus Blagult mencuatkan sisi lain seorang Zlatan Ibrahimovic, jiwa kepemimpinan.

Kapten mana yang tidak marah melihat timnya tertinggal 0-3 kala jeda. Di ruang ganti Olympiastadion, Berlin, pada Selasa malam tersebut, Ibra menunjukkan kenapa dia pantas dipilih sebagai kapten Swedia.

Menurut pelatih Blagult, Erik Hamren, Ibra memberi kata-kata motivasi yang amat bagus saat turun minum. Ucapan pemain berusia 31 tahun ini terbukti melecut rekan-rekan setimnya.

Terbukti, meski gawang Andreas Isaksson kembali jebol untuk keempat kalinya, kesebelasan Blagult tak patah arang. Mereka menunjukkan determinasi, karakter, dan semangat pantang menyerah. Swedia bahkan terlihat lebih Jerman dari Jerman itu sendiri.

Berturut-turut Blagult mengejar ketinggalan 1-4, 2-4, 3-4, dan akhirnya 4-4 di menit ke-94. Swedia mampu mengubah neraka pada 60 menit awal menjadi surga pada 30 menit terakhir.

Peran penting Ibra di malam tak terlupakan itu adalah dia menjadi pemimpin sekaligus inspirator Swedia. Gol pertama Blagult yang membakar semangat Swedia lahir dari sundulannya.

Di depan 74 ribu penonton tuan rumah, Ibra menunjukkan sisi lain dirinya. Pemilik ban hitam taekwondo sejak usia 17 tahun ini terbukti bukan hanya punya skill amat istimewa, sifat tempramental, dan arogan, melainkan jiwa kepemimpinan.

Tinggi, kuat, bertenaga, dan memiliki kemampuan fisik mumpuni ditunjang penyelesaian akhir yang mematikan menjadi alasan kenapa publik membandingkannya dengan legenda hidup AC Milan Marco van Basten.

Gol tumitnya ke gawang Italia pada Euro 2004 lalu jadi bukti kejeniusan Ibra. Juventus dengan Luciano Moggi-nya, yang saat itu doyan pemain-pemain yang mampu menjebol Azzurri, seperti David Trezeguet di final Euro 2000, pun menggaetnya.

Insting Moggi tak salah. Ibra bertransformasi jadi striker terbaik dunia pada generasinya. Duo Milano merasakan manisnya memiliki Ibra. Kecuali 2010, Internazionale Milan dan Rossoneri selalu keluar sebagai Scudetto sejak 2007 hingga 2011.

Luar biasanya, sejak 2003 alias selama delapan tahun berturut-turut Ibra berhasil membawa tiap klub yang dibelanya jadi juara liga domestik. Ibra menjadi pemain pertama yang juara liga bersama lima klub yang berbeda.

Meski demikian, Ibra bukan tanpa cacat. Selama kariernya, Ibra belum pernah juara Liga Champions. Hidupnya pun dipenuh kontroversi, baik di dalam maupun di luar lapangan.

Pemain yang sejak awal musim lalu sewaktu masih bermain di Rossoneri senang mengikat rambutnya ala samurai Jepang ini, bagaimanapun kontroversialnya, tetaplah pemenang di dunia sepak bola, jaminan sukses bagi PSG, klubnya saat ini.
(auz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar