Selasa, 23 Oktober 2012

SOFTWARE ANTIVIRUS

Jumlah dan jenis program jahat (malware) selalu bertambah dari waktu ke waktu. Kalau dulu program komputer merusak yang dikenal hanya berupa virus saja, tapi sekarang sudah ada spyware, adware, rootkit, dan lain-lain ditambah lagi dengan munculnya berbagai macam kejahatan di internet. Untungnya program-program penangkalnya pun semakin banyak macamnya dan kabar baiknya ada pula yang menyediakan program antivirus gratis.

Berikut ini kumpulan program antivirus yang bisa didownload dan digunakan secara gratis sebagai alternatif pengganti antivirus komersial seperti BitDefender, Kaspersky, Norton, ESET Nod32, AVG, F-Secure, Trend Micro, Panda, atau yang lainnya. Karena pada umumnya antivirus gratisan menyediakan proteksi dasar saja, maka akan lebih baik jika selain menggunakan antivirus ini juga dikombinasikan dengan program proteksi lainnya seperti firewall, antispyware, anti-hacker, dan lain-lain.

a-squared Free
Mendeteksi dan membersihkan trojan, virus, spyware, adware, worm, bot, keylogger dan dialer. Berjalan pada sistem operasi Windows XP, Vista, 7, dan juga Windows Server 2003/2008 baik 32 bit maupun 64 bit. Program ini tidak mempunyai perlindungan otomatis/real-time.

avast! Home Edition
Program antivirus dan antispyware gratis, ditujukan untuk kepentingan non-komersial. Memiliki fitur silent/gaming mode, perlindungan real-time terhadap rootkit dan network. Kompatibel dengan Windows XP, Vista, dan 7.

Avira AntiVir Personal - Free Antivirus
Program antivirus ini gratis untuk penggunaan di rumahan (home-user). Cara mengupdatenya sangat mudah dan cepat, karena hanya menggunakan satu file saja. Sekali diinstall, semua file yang diperlukan seperti database virus dan engine secara otomatis terupdate tanpa banyak repot-repot. Dengan dukungan proteksi real-time, program ini bisa mendeteksi dan membersihkan virus, worm, trojan, spyware, adware, rootkit, dan lainnya. Tersedia untuk pengguna Windows dan UNIX.

AVG AntiVirus Free
Berjalan pada sistem operasi Windows 2000, XP, Vista, dan Windows 7. Fitur-fiturnya berupa update otomatis juga update dari komputer lokal, Resident Shield: perlindungan real time, e-mail scanner, dan penjadwalan scan.

BitDefender Free Edition
Program antivirus gratis yang berjalan pada Windows XP SP2, Vista, dan Windows Home Server.

ClamAV
Ini adalah toolkit antivirus open-source untuk UNIX. Menyediakan sejumlah fungsi seperti multi-thread daemon yang mendukung on-access scanning, command line scanner dan update otomatis.

ClamWin
Program antivirus gratis ini berjalan pada platform Windows (98, 2000, Me, XP, Vista, 7, Server 2003 dan 2008). Fitur-fitur yang diandalkan berupa deteksi virus dan spyware, penjadwalan scan, download update otomatis, scanner standalone, juga memiliki scanner on-access.

Comodo Firewall + Antivirus
Antivirus gratis untuk Windows XP sp2, Vista dan 7 baik yang 32 bit maupun 64 bit.

Microsoft Security Essentials for XP and Vista/7
Ini adalah antivirus gratis dari Microsoft. Berjalan pada Windows XP dan/atau Vista/7. Ini menyediakan proteksi real-time terhadap serangan virus, spyware, dan program jahat lainnya. Dengan catatan untuk menginstall program ini, komputer anda harus menggunakan Windows yang genuine (asli), bukan bajakan.

Moon Secure AV
Ini adalah antivirus open source, menggunakan clamav engine. Memiliki scanner real-time dan berjalan pada Windows XP dan Vista.

PC Tools AntiVirus Free Edition
Program ini digunakan pada Windows Vista 32 bit, XP, dan 2000. Mendukung proteksi real-time.

Rising Antivirus Free Edition
Antivirus gratis yang berjalan pada Windows 2000/XP/2003/Vista/Wind 7/Server 2008. Fitur-fiturnya berupa proteksi terhadap virus dan spyware, proteksi email, monitor file dan USB/CD/DVD, pertahan terhadap trojan, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar