Senin, 08 Oktober 2012

Ups, Lineker Sebut Selebrasi Sujud Sebagai ‘Makan Rumput’

acf70KgdsAZqQk Ups, Lineker Sebut Selebrasi Sujud Sebagai Makan Rumput
Karim Ait-Fana (kiri) dan Younnes Belhanda (kanan) bersujud seusai mencetak gol ke gawang Schalke/Getty Images
LONDON – Mantan striker tim nasional Inggris yang kini jadi komentator Gary Lineker sudah meminta maaf atas pernyataannya dalam stasiun televisi Al-Jazeera yang menyebut selebrasi gol sujud pemain Montpellier sebagai makan rumput.



Lineker mengaku tidak tahu bila Karim Ait-Fana, sang pencetak gol tersebut, seorang muslim dan juga tak tahu kalau sujud merupakan ungkapan tanda syukur dalam agama Islam.



Kejadiannya sendiri berlangsung pada Rabu (3/8) pekan lalu dalam laga Liga Champions antara Schalke versus Montpellier di Veltins Arena yang berkesudahan 2-2. Karim Ait-Fana, winger asal Maroko berusia 23 tahun, mencetak gol pertama dalam partai itu di menit ke-13.



Karim Ait-Fana lantas melakukan selebrasi bersama rekannya Younnes Belhanda, 25 tahun, dengan bersujud. Melihat aksi itu, Lineker yang tengah menjadi komentator di Al-Jazeera TV lantas berucap sebagai berikut.



“Usaha yang hebat dari Karim Ait-Fana yang mencetak gol dari luar kotak penalti lalu memakan rumput, seperti yang biasa dia lakukan,” kata Lineker seperti dikutip dari Sports Mail.



Sontak, perkataannya itu mengundang kecaman deras di situs mikroblogging dan kalangan muslim Inggris. Sadar telah berbuat salah, Lineker pun meminta maaf dalam situs pribadinya.



“Maafkan saya karena saya tidak tahu agama dari masing-masing pemain,” aku Lineker yang kendati dikenal sebagai komentator BBC tapi punya klausul kontrak yang membuatnya bebas jadi freelance komentator di stasiun televisi lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar