Selasa, 02 Oktober 2012

Messi Pimpin Barca Bekuk Spartak



Dua gol Messi selamatkan Barcelona. (Foto: Reuters)
Dua gol Messi selamatkan Barcelona. (Foto: Reuters)
BARCELONA – Bermain di hadapan publik Camp Nou, Barcelona tampil superior. Tim asuhan Tito Vilanova mampu menghempaskan wakil Rusia, Spartak Moskow dengan skor 3-2, pada babak penyisihan Grup G Liga Champions, Kamis (20/9/2012).

Talenta muda Barca, Christian Tello membuka keunggulan Blaugrana pada menit ke-14. Sementara dua gol Barca lainnya tercipta melalui megabintang Messi pada menit ke-72 dan 80.

Dua gol Spartak tercipta melalui gol bunuh diri bek Barca, Dani Alves pada menit ke-29, dan Romulo pada menit ke-59. Kendati menderita kekalahan, tim asuhan Unai Emery patut diacungi jempol, strategi counter attack yang mereka terapkan sukses membongkar barisan pertahanan Barca.

Kemenangan tersebut membawa Barca menduduki posisi puncak klasemen sementara Grup G. Posisi kedua ditempati oleh wakil Portugal, Benfica yang bermain imbang 0-0 kontra Celtic.


Babak I

Kick off babak pertama dimulai, di luar dugaan Spartak Moskow yang berstatuskan sebagai tim tamu tampil lepas tanpa beban. Permainan cepat serta umpan-umpan pendek mereka peragakan. Tampaknya sang pelatih, Unai Emery menerapkan strategi yang selama ini digunakan Blaugrana, ya Tiki Taka!

Pertandingan baru berjalan lima menit, namun klub berjuluk Spartachi sudah mendapat peluang melalui gelandang 20 tahun, Romulo. Namun, usahanya masih belum menemui sasaran. Tendangan akrobatiknya melambung tinggi.

Semenit kemudian gantian Barcelona yang mendapat peluang melalui megabintang Lionel Messi. Namun, pemain bernomor punggung 17, Suchý lebih sigap menjaga sektor pertahanan Spartak, ia menghalau bola sesaat sebelum Messi menendang bola dari dalam kotak penalti.

Gol Christian Tello pada menit ke-14 memecah kebuntuan. Tendangan kerasnya dari luar kotak penalti sukses menjebol jala Dykan. Raksasa Katalan unggul sementara 1-0 atas tamunya.

Unggul satu gol, tak membuat anak asuh Vilanova itu puas. Sebuah serangan dari sisi kanan dilancarkan, melalui Dani Alves yang mengumpan ke Tello, tapi bola masih dapat diamankan bek Spartak, Kombarov.

Ball possession yang diterapkan Blaugrana sukses membuat dua pemain Spartak, Arid an Eminike bertahan di bidang permainan mereka sendiri. Alhasil tim tamu terkurung dan hanya sesekali melakukan counter attack.

Sayang Barca gagal mempertahankan keunggulan, melalui gol bunuh diri Dani Alves pada menit ke-29. Bola crossing Ari yang hendak dibuang Alves justru masuk ke dalam gawang Victor Valdes, skor imbang 1-1.

Memasuki 30 menit babak pertama, laga berjalan keras, wasit Milorad Mazic yang menjadi pengadil lapangan mengeluarkan empat kartu kuning.

Pada menit ke-43, Fàbregas dijatuhkan Suchý di dalam kotak penalti. Namun, sayangnya wasit tidak menganggapnya sebagai pelanggaran. Hingga peluit babak kedua berakhir skor ttidak berubah, 1-1.


Babak II

Interval kedua, tim tamu mulai tancap gas. Serangan perdana Spartak dikreasi oleh Emenike yang mengirim umpan jauh ke sisi kanan. Sayangnya, umpan pemain internasional Nigeria itu terlalu deras, dan sulit dijangkau Makeev.

Pada menit ke-51, Barca hampir saja menambah pundi golnya melalui Dani Alves, namum sebelum menembak, bek sayap Blaugrana itu telah terperangkap off side, papan skor belum berubah, 1-1.

Terlalu asik menyerang, Barcelona melupakan barisan pertahanan. Hasilnya, pada menit ke-59 Spartak berhasil menambah keunggulan. Berawal dari tendangan Romulo yang memanfaatkan umpan silang McGeady tak mampu diblock oleh Valdes, 1-2 untuk Spartak.

Tertinggal satu gol, Barca meningkatkan intensitas serangan. Hasilnya pada menit ke-72, tendangan El Messiah yang memanfaatkan umpan datar Tello dari sisi kiri tidak mampu dijangkau Dykan. Blaugrana menyamakan kedudukan, 2-2.

Delapan menit berselang, kapten tim nasional Argentina itu kembali mencatatkan namanya di papan skor, usai sundulan tajamnya tak mampu ditepis kiper asal Ukraina itu. Barca kembali unggul, 3-2.

Keputusan Vilanova memasukkan Alexis Sánchez dan Villa membuat lini serang Barca kian tajam. Pergerakan keduanya merepotkan barisan pertahanan Spartak. Berbagai peluang hadir untuk Barca meski hingga peluit babak kedua berakhir, Barca tidak dapat menambah jumlah gol mereka. Skor 3-2 untuk kemenangan Azulgranas bertahan hingga usai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar