Senin, 15 Oktober 2012

Penilaian Xavi Terhadap Pep dan Vilanova

d975GLT66fbcQB Penilaian Xavi Terhadap Pep dan Vilanova
Xavi Hernandez anggap Pep dan Vilanova punya gaya dan karakternya masing-masing/Getty Images
BARCELONA – Menggantikan pelatih sesukses Josep Guardiola membuat Tito Vilanova suka atau tidak pasti selalu akan dibanding-bandingkan. Tak perlu jauh-jauh, wakil kapten Barcelona Xavi Hernandez sendiri memberikan penilaiannya pada dua sosok tersebut.



Di mata Xavi, keduanya serupa tapi tidak sama. Dari segi taktik, Pep dan Vilanova nyaris sama. Hanya saja, dari segi kepemimpinan di ruang ganti, Guardiola masih jagonya.



Tak heran, dengan atribut kepemimpinan dan keberhasilan meraup 14 gelar dalam empat tahun melatih Barca, Xavi masih merindukan sosok Pep. Namun, Xavi sadar bahwa Blaugrana bisa meraih kejayaan berikutnya bersama Vilanova.



“Hanya ada sedikit perbedaan antara Pep dan Tito. Bahkan, secara taktik mereka nyaris sama,” kata Xavi kepada Catalunya Radio.



“Guardiola selalu dekat dengan kami saat latihan, sementara Vilanova lebih menjaga jarak, memberi instruksi dengan caranya sendiri,” kata Xavi.



“Tito telah mengejutkan saya karena dia sangat mempersiapkan diri, dia juga punya ide yang sangat jelas, yang selaras dengan filosofi klub,” kata Xavi.



“Tanpa mengurangi rasa hormat pada Tito, Pep kami dirindukan. Dialah panutan saya, baik sebagai pemain maupun pelatih. Pergerakannya di lapangan amat membantu saya dan dia juga pemimpin di ruang ganti. Saya belajar banyak soal kepemimpinan padanya,” kata Xavi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar