Minggu, 04 November 2012

Pilihan Konsumsi Rumah Tangga

Kita Sekarang Akan Bawa Anggaran Lisa garis dan kurva indiferen bersama-sama dan menemukan yang terbaik film pilihan yang terjangkau dan soda. Apa saja jumlah film dan soda yang Lisa pilih untuk membeli? Pada Gambar 8,7, Anda dapat melihat garis anggaran dari gambar 8.1 dan kurva indiferen nya dari figur 8.4.
Pertama fokus pada titik h pada kurva indiferen I0. h adalah titik pada garis anggaran Lisa, jadi kita tahu bahwa dia bisa membelinya. Tapi apakah ia memilih kombinasi ini film dan soda atas semua kombinasi terjangkau lain? Tidak. Untuk melihat mengapa tidak, pertimbangkan titik c, di mana ia menghabiskan 2 film dan 6 enam-kemasan. Titik c juga ada pada garis anggaran Lisa, jadi kita tahu dia mampu untuk mengkonsumsi pada titik ini. Tapi titik c adalah pada kurva indiferen I1, kurva indiferen yang lebih tinggi daripada I0. Oleh karena itu kita tahu bahwa Lisa lebih menyukai titik c ke titik h.

Apakah ada titik yang terjangkau Lisa lebih suka titik c? Tidak. Semua terjangkau Lisa untuk konsumsi semua poin-poin yang lain pada atau di bawah garis anggaran-nya terletak pada kurva indiferen yang ada di bawah I1. Kurva indiferen I1, adalah kurva indiferen tertinggi yang Lisa mampu untuk mengkonsumsi.

Mari kita lihat lebih dekat pilihan Lisa yang terbaik.




Titik kombinasi Lisa berada pada titik c. Pada saat itu, ia sedang dalam garis anggaran dan juga pada kurva indiferen tertinggi yang dapat dicapai. Pada titik seperti h, Lisa bersedia memberikan lebih banyak film daripada membeli soda. Dia bisa bergerak ke titik i, yang sama baiknya sebagai titik h dan memiliki sisa pendapatan. Dia bisa menghabiskan pendapatan dan pindah ke c, suatu titik bahwa dia lebih suka titik i.

Titik Kombinasi

Titik kombinasi -dalam contoh ini titik c- memiliki dua sifat. Ini adalah:

1.Pada garis anggaran

2.Pada kurva indiferen tertinggi yang dapat dicapai



Pada garis Anggaran

Titik kombinasi ada pada garis anggaran. Jika Lisa memilih sebuah titik di dalam garis anggaran, akan ada titik kombinasi pada garis anggaran di mana dia dapat mengkonsumsi lebih dari kedua barang. Lisa lebih suka yang menunjuk ke salah satu dalam garis anggaran. Titik kombinasi tidak terdapat di luar garis anggaran karena Lisa tidak mampu menjangkau titik tersebut.


Pada titik tertinggi yang dapat dicapai Kurva Indiferen

Titik yang dipilih adalah pada kurva indiferen tertinggi yang dapat dicapai. Pada titik ini, kurva indiferen memiliki kemiringan yang sama dengan garis anggaran. Dengan kata lain, tingkat marjinal substitusi antara dua barang (besarnya kemiringan kurva indiferen) sama dengan harga relatifnya (besarnya kemiringan garis anggaran).
Untuk melihat mengapa kondisi ini menggambarkan titik kombinasi, dengan mempertimbangkan titik h dalam Gambar 8.7, yang Lisa menganggap sebagai lebih rendah daripada titik c. Pada titik h, tingkat substitusi marjinal Lisa kurang dari harga relatif-kurva indiferen I0 adalah datar daripada garis anggaran Lisa. Seperti Lisa membuang film untuk membeli soda dan bergerak naik kurva indiferen I0, ia bergerak di dalam garis anggaran pendapatan dan ada pendapatan yang tersisa. Dia bisa bergerak ke titik i, misalnya, di mana dia menghabiskan 2 film dan 5 enam-paket dan memiliki $ 3 untuk cadangan. Dia tidak peduli antara kombinasi barang di titik i dan kombinasi di titik h. Tapi ia lebih suka titik c ke titik i, karena pada c, dia memiliki lebih soda dari pada i dan melihat jumlah yang sama film.

Dengan bergerak di sepanjang garis anggaran dari titik h ke titik c, Lisa berlalu melalui sejumlah kurva indiferen I0 dan I1. Semua kurva indiferen ini lebih tinggi dari I0, dan karena itu di titik manapun mereka lebih suka ke titik h. Setelah Lisa sampai ke titik c, ia telah mencapai kurva indiferen tertinggi yang dapat dicapai. Jika dia terus bergerak sepanjang garis anggaran, dia akan berada pada pertemuan kurva indiferen yang lebih rendah dari I1.


RANGKUMAN

1. kombinasi barang terletak pada atau di dalam garis anggaran konsumen.
2. preferensi konsumen dijelaskan oleh kurva indiferen.

3. titik kombinasi ketika alokasi pendapatan dihabiskan (pada garis anggaran) dan ketika tingkat substitusi marjinal (besarnya kemiringan kurva indiferen) sama dengan harga relatif (besarnya kemiringan garis anggaran).

Sekarang kita akan menggunakan model ini yang merupakan pilihan rumah tangga untuk membuat beberapa prediksi tentang perubahan dalam pola konsumsi ketika pendapatan dan harga berubah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar