Minggu, 04 November 2012

Softskill

Softskill

Latar belakang
Di dalam persaingan seperti sekarang, kebutuhan akan tenaga kerja yang memiliki profesionalisme dan manajerial skill yang berbasis kemampuan sudah merupakan tuntutan. Terlebih di dunia kerja sekarang banyak dipengaruhi perubahan pasar, ekonomi dan teknologi. Tenaga kerja yang memiliki kecerdasan emosional (Emotional Quatient) sangat mendukung pemenuhan kebutuhan tersebut disamping kecerdasan intelektual. Softskill juga bisa disebut ketrampilan khusus yang bersifat non-teknis, tidak berwujud, dan kepribadiaan yang menentukan kekuatan seseorang pemimpin dan pendengar yang baik.
Isi

Softskill adalah ketrampilan yang tidak melekat pada jenis pekerjaan tertentu, semisal saja kemampuan berpikir kritis, kemimpinan, dan kemampuan memotivasi diri. Ketrampilan berinteraksi dan bekerja sama secara sinergi dengan orang lain juga merupakan bagian dari softskill. Softskill juga dapat membantu mengendalikan stres,kemampuan memecahkan masalah dan mengelola diri sendiri. Bisa juga diartikan sebagai ketrampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (INTER-PERSONAL SKILL) dan ketrampilan dalam mengatur dirinya sendiri (INTRA-PERSONAL SKILL) yang mampu mengembangkan unjuk kerja secara maksimal.
Contoh kemampuan softskill :
• Kejujuran
• Tanggung jawab
• Berlaku adil
• Kemampuan bekerja sama
• Kemampuan beradaptasi
• Kemampuan berkomunikasi
• Toleran
• Hormat terhadap sesama
• Kemampuan mengambil keputusan
• Kemampuan memecahkan masalah, dsb
Kesimpulan

perlu diketahui bahwa softskill didalam diri kita sangat berguna dalam menjalankan kegiatan sehari-hari, karena adanya softskill didalam diri kita, kita dapat berorganisasi,berkomunikasi,bertanggung jawab,beradaptasi  dengan siapa saja dan semua masalah dapat terselesaikan dengan kemampuan softkill yang kita miliki.
ketrampilan khusus yang bersifat non-teknis, tidak berwujud, dan kepribadian yang menentukan kekuatan seseorang sebagai pemimpin, pendengar yang baik. dan softskill juga dapat diartikan sebagai kemampuan yang ada pada dalam diri kita sendiri, seperti kemampuan kita berkomunikasi, mendengar dan memahami suatu persoalan dan memecahkanya.
ketrampilan khusus yang bersifat non-teknis, tidak berwujud, dan kepribadian yang menentukan kekuatan seseorang sebagai pemimpin, pendengar yang baik. dan softskill juga dapat diartikan sebagai kemampuan yang ada pada dalam diri kita sendiri, seperti kemampuan kita berkomunikasi, mendengar dan memahami suatu persoalan dan memecahkany ketrampilan khusus yang bersifat non-teknis, tidak berwujud, dan kepribadian yang menentukan kekuatan seseorang sebagai pemimpin, pendengar yang baik. dan softskill juga dapat diartikan sebagai kemampuan yang ada pada dalam diri kita sendiri, seperti kemampuan kita berkomunikasi, mendengar dan memahami suatu persoalan dan memecahkanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar