Minggu, 04 November 2012

Kenapa makanan jepang tersohor

Jepang merupakan campuran dari kuliner tradisional jepang dan barat. Yang membedakan jepang memiliki teknik pengolahan makanan yang unik.
Selain teknik masak yang unik makanan jepang juga mengutamakan seni penataan makanan dalam berbagai menu. Jadi bukan hanya lidah yang digoda dengan rasa lezat mata pun mendapat hiburan.
Namu tahukah anda awal mula makanan jepang bisa dikenal kelezatannya. Berikut ini sekilas soal makanan jepang, seperti dilansir ehow.com.
Sejarah
Selama masa jepang kuno, tepatnya sebelum abad ke -9, makanan jepang terdiri dari daging sapi, ikan, ayam, beserta sayuran dan nasi, bahkan daging kuda dan monyet turut dimakan oleh rakyat jepang. Sering berjalannya waktu, nasakan di ubah untuk mencerminkan filosofi buddhis yang datang menguasai jepang.
Pada abad ke -12 makanan dijepang punya dua ragam. Kaum bangsawan akan makan makanan mewah sedangkan petani dan samurai menyantap makanan sederhana, tapi sangat khas dengan aroma yang hangat. Hari ini ,makanan jepang terdiri dari makanan poko seperti beras dan mi yang merupakan bagu=ian dari hidangan tradisional. Ikan , daging dan tahu juga digunakan.
Makanan pokok
Ada tiga makanan pokok dijepang, yaitu nasi, mi, dan roti. Nasi dan mi adalah makanan trdisional jepang sedangkan roti diperkenalkan menjelang akhir abad ke -19. Hidangan ini yang kemudian dipadankan dengan sayuran, daging atau ikan.
Ragam olahan
Bahan yang digunakan dalam menu makan jepang biasanya sama, hanya cara memasaknya yang berbeda. Ada yang diolah dengan cara menggunakan tempura atau digoreng yang biasanya menggunakan bahan sayuran, ada pula sejumlah rebusan dan sup. Yang juga populer misalnya sushi, hidangan ikan mentah yang digukaung atau sayuran dengan nasi dan rumputlaut yang disajikan dingin.
Manfaat kesehatan
Makanan jepang adalah makanan yang paling sehat. Makanan jepang menggunakan cukup banyaka sayuran dan tahu yang terkenal sangat sehat. Sementara daging sedikit sekali digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar