Minggu, 04 November 2012

Makanan pendokrak sistem kekebalan tubuh

Ada banyak variasi makanan yang berguna untuk kekebalan tubuh. Semakin bervariasinya makanan yang dikomsumsi, semakin banyak nutrisi yang diterima sisitem kekebalan tubuh. Berikut makanan yang dapat menyelamatkan dari serangan flu musiman yang ditulis dalam prevention Indonesia :

1. Yogurt
Melawan bakteri dengan bakteri. Dengan menembah bakteri baik kepada usus, maka bakteri pathogen yang memebawa penyakit dapat ditumbangkan. Sebuah penelitian di swedia yang dilakukan selama 80 hari terhadap 181 pekerja pabrik mengungkapkan, mereka yang mengkomsumsi lactobacillus reutri- probiotik untuk bakteri baik 33% jarang sakit. Dosis komsumsi optimal : 2 x 6 ons perhari

2. Ikan
Selenium banyak terkandung dalam lobster, kepiting, kerang dan tiram. Selenium memebantu darah memproduksi cytokines. Inilah protein pembasmi virus flu dari dalam tubuh. Sedangkan ikan salmon dan makarel, kaya omega 3. Kandungan omega 3 mengurangi terjadinya peradangan serta melindungi paru-paru dari infeksi.


3. Teh
Penelitian di Harvard menunjukan, mereka yang emngkomsumsi 5 cangkir teh selam 2 minggu, memiliki interferon lebih banyak. Interferon adalah protein alami yang disintetis oleh sel-sel sisitem kekebalan tubuh.


4. sup ayam
tahukah anda, ketika memasak ayam ada asam amino cysteine yang dikeluarkan dalam kaldunya. Asam ini berfungsi untuk menghadang terjadinya peradangan dengan cara memproduksi sel darah putih. Ketika anda memasukan bawang putih dan bawang Bombay dalam sup ayam, sebernanya anda sedang meramu sup suplemen bagi system kekebalan tubuh.



5. Jamur
Jamur meningkatkan produktivitas dan aktivitas sel darah putih, sel darah putih semakin agresif sangat bagus untuk melawan infeksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar