Jumat, 02 November 2012

Artikel Ilmu Komputer


Artikel Komputer : Artikel Ilmu Komputer
Artikel Komputer yang akan dibahasa kali ini adalah Artikel Ilmu Komputer, di dalam Artikel Ilmu Komputer ini akan dibahas secara umum tetang Ilmu Komputer.

Ilmu Komputer mempelajari apa yang bisa dilakukan oleh beberapa program, dan apa yang tidak (komputabilitas dan intelegensia buatan), bagaimana program itu harus mengevaluasi suatu hasil (algoritma), bagaimana program harus menyimpan dan mengambil bit tertentu dari suatu informasi (struktur data), dan bagaimana program dan pengguna berkomunikasi (antarmuka pengguna dan bahasa pemrograman).

Komputer digunakan oleh manusia dengan cara mempelajari ilmu yang berhubungan dengan komputer. Seiring dengan perkembangan Ilmu Komputer, dewasa ini banyak sekali peneliti yang mencoba membuat kajian dan melakukan pendefinisian terhadap Ilmu Komputer. Bagaimanapun juga, dasar Ilmu Komputer adalah matematika dan engineering (teknik). Matematika menyumbangkan metode analisa, dan engineering menyumbangkan metode desain pada bidang ini.

Beberapa definisi lain yang lebih abstrak adalah:

Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang representasi pengatahuan (knowledge representation) dan implementasinya. Atau definisi lain Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang abstraksi dan bagaimana mengendalikan kekomplekan sebuah komputer.

Peter J. Denning mendefinisikan Ilmu Komputer dalam makalahnya yang cukup terkenal tentang disiplin ilmu komputer . Makalah ini adalah laporan akhir dari proyek dan task force tentang the Core of Computer Science yang dibentuk oleh dua society ilmiah terbesar bidang komputer, yaitu ACM (http://acm.org) dan IEEE Computer Society (http://computer.org). Ia mendefinisikan bahwa :

Ilmu Komputer adalah studi sistematik tentang proses algoritmik yang menjelaskan dan mentrasformasikan informasi, baik itu berhubungan dengan teori-teori, analisa, desain, efisiensi, implementasi, ataupun aplikasi-aplikasi yang ada padanya.

Dennings juga mengklasifikasi bidang  ilmu komputer yang terbagi dalam 12 subbidang (versi sebelumnya adalah 9 subbidang), yaitu :
  • Algoritma dan Struktur Data (Algorithms and Data Structures)
  • Arsitektur (Architecture)
  • Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
  • Artificial Intelligence dan Robotik (Artificial Intelligence and Robotics)
  • Interaksi manusia dan Komputer (Human Computer Interaction)
  • Organisasi Informatika (Organizational Informatics)
  • Bahasa Pemrograman (Programming Languages)
  • Sistem Operasi dan Jaringan (Operating Systems and Networks)
  • Database dan Sistim Retrieval Informasi (Database and Information Retrieval Systems)
  • Grafika Komputer (Computer graphics)
  • Ilmu Komputasi (Computational Sciences)
  • BioInformatik (BioInformatics)

Artikel Komputer

Demikian Artikel Ilmu Komputer yang dibahas kali ini, semoga Artikel Ilmu Komputer ini dapat memberikan tambahan wawasan tentang Ilmu Komputer bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar