Jumat, 02 November 2012

membuat kop surat

MEMBUAT KOP SURAT

Anda bisa membuat kop surat dengan menggunakan Corel Draw. Caranya, buka Aplikasi Corel Draw 12 klik start > All Program > CorelDRAW Graphics Suite 12 > CoreDRAW 12, Sebelum Anda masuk pada aplikasi, tampak pada layar monitor kotak dialog "Welcome to CorelDRAW".
Pilik New untuk memulai dokumen baru. Pastikan Anda memilih page orientation "portrait" yang terletak pada property bar. Buatlah kotak sebagai guideline atau batas kop surat, klik window > Dockers > Object Manager, lalu pada Object Manager pilih panel Guides.
Pilih Rectangle tool pada toolbox, buat kotak pada jendela gambar dengan ukuran lebar 195 mm dan tinggi 35 mm atau sesuai kotak surat yang Anda inginkan. Kunci guides Anda dengan mengklik gambar pensil pada panel Guides. Pastikan anda mengaktifkan kembali panel Layer 1.
Pilih Text Tool. Klik pada areal gambar untuk membuat teks kop "PT Asian Brain IMC". Atur jenis font dan size pada property bar, Lalukan hal yang sama untuk membuat teks keterangan perusahaan. Atur dengan memilih warna putih pada color palette, jenis font Trebuchet MS size 18 bold, variasikan dengan membuat kotak membungkus teks tadi.
Atur rata tengah dengan memilih menu Arrange > Align and Distribute > Align Centers Vertically (C). Selanjutnya buat alamat perusahaan, pilih Text tool klik di bawah keterangan perusahaan, gunakan font, size, dan warna yang sesuai. Keterangan perusahaan dan alamat merupakan teks yang terpisah untuk memudahkan tata letaknya.
Langkah terakhir,buat dua buah garis dibawah alamat, buat ketebalan garis pertama 2 pt dan garis kedua 1 pt, Aktifkan kedua garis tersebut klik kanan pada color palette dengan warna yang Anda inginkan.
Sempurnakan dengan pembuatan logo perusahaan, Anda bisa menggunakan modifikasi dari huruf A pada font atomic setelah di convert to curves, divariasikan dengan lingkaran dengan menggunakan elips tool. Atur warna sesuai keinginan.
Cara lain adalah sebagai berikut :
1. Buka Microsoft Word dan klik tombol "Menu Office" (Word 2007) atau menu File dan pilih "New".
2. Review kategori template yang tercantum di sisi kiri jendela. Word 2007/2008 template surat Stationery terletak di bawah. Banyak Word 2007 template disimpan online. Klik "Download" untuk menambahkannya ke mesin anda. Koneksi Internet akan dibutuhkan untuk langkah ini. Word 2004 juga memiliki pilihan template surat di bawah Surat> Envelopes dan Formulir Bisnis> Kop surat.
3. Klik pada template yang Anda sukai dan klik "Open" (atau "Download" dalam kasus Word 2007 non-template lokal).
4. Klik dan ketik di placeholder pada template untuk menyesuaikan kop surat dengan nama dan alamat Anda informasi.
5. Gunakan Sisipkan> Gambar atau Clipart untuk menambahkan grafis atau logo untuk kop surat Anda.
6. Tarik logo atau gambar ke posisi. Untuk melakukan ini, Anda perlu mengatur mereka "In Front of Text." Jika tidak, mereka akan in-line dengan teks dan tidak dapat diseret. Dalam Word 2007: Format Tab> Posisi> More Layout Options. Dalam Word 2008: Ukuran, Rotasi, Memesan palet> Atur. Di Word 2004/2006: Format> Picture> Layout tab.
7. Pilih "Save As..." dari File menu, pilih "Word Template" sebagai jenis file tersebut, klik "Simpan Miniatur" (Word 2007).. Template akan muncul di File> New (atau Project Gallery).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar